Home >>Blog >Jalan-jalan

Terry Endropoetro's avatar

Reservasi Tiket Argo Dwipangga Hanya Bisa Dilakukan Secara Online

PT KAI telah mengungumkan bahwa reservasi tiket argo dwipangga online dan tiket kereta api lainnya hanya dapat dilakukan secara online menggunakan aplikasi KAI Access.

Adapun pembelian tiket di stasiun jika masih tersedia tempat duduk dan hanya berlaku pembelian dengan cara Go Show yakni 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Reservasi kereta lokal melalui online bisa dilakukan 7 hari sampai 5 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Reservasi tiket ini telah diresmikan oleh PT KAI dan berlaku sejak 1 september 2019 lalu. Dengan KAI Access ini memberikan kemudahan bagi penumpang yang telah memesan tiket melalui aplikasi, Anda tak perlu cetak boarding pass lagi di stasiun. Sehingga para penumpang hanya perlu memperlihatkan E-Boarding Pass Anda beserta kartu identitas asli.

KA Argo Dwipangga
Kereta Argo Dwipangga melayani rute Jakarta sampai Solo ini merupakan kereta kelas eksklusif. Kereta ini secara khusus penghubung antara Stasiun Gambir dan Stasiun Solo Balapan ini adalah kereta ekspres kelas tinggi pada daerah oprasional VI Yogyakarta. Kapasitas KA Argo Dwipangga mencapai 350 sampai 400 penumpang, sedangkan kereta Argo Dwipangga mempunyai 7-8 kereta penumpang. Jadi, per harinya rata-rata 800 orang penumpang yang diangkut.

Lama waktu perjalanan Solo menuju Jakarta menggunakan kereta Argo Dwipangga ini sekitar delapan jam lebih, jarak yang ditempuh berkisar 517 km dengan kecepatan 70-120 km per jam. Kereta ini melayani keberangkatan dari Stasiun Gambir pada pukul 09:00 pagi. Sedangkan dari Stasiun Solo Balapan berangkat pukul 20:00 malam. Adapun kota yang dilalui kereta ini yaitu, Yogyakarta, Klaten, Cirebon, dan Purwakarta.

Fasilitas KA Argo Dwipangga
Kereta ini menawarkan fasilitas yang cukup memadai sebagai kereta kelas eksklusif. Argo Dwipangga tersedia 50 buah bangku penumpang per gerbong. Penyusunan bangku 2 bangku kiri dan disebelah kanan per barisnya. Bangku tersebut memiliki sandaran punggung yang bisa diatur, terdapat pijakan kaki dan posisi bangku dapat diputar.

Ditiap bangku penumpang KA Argo Dwipangga sudah dilengkapi meja lipat, stopkontak, bantal, lampu baca, seliut dan bagasi. Fasilitas toilet, TV LCD, dan AC ada disetiap gerbong. Di dalam kereta Anda bisa mencoba minuman ataupun makanan yang dijual di sana selama perjalanan. Sebab KA Argo Dwipangga menyediakan satu gerbong kereta khusus makan, dengan begitu penumpang pun lebih leluasa dan nyaman saat makan.

Asal Nama KA Argo Dwipangga
Kereta kelas eksklusif ini dalam penamaan agak berbeda dari nama-nama kereta lainnya, yang biasanya menggunakan nama tokoh, gunung dan lainnya. Nama kereta ini diambil dari nama satwa yang menjadi kendaraan setia salah satu mitologi Dewa Hindu yaitu Dewa Indra. Penggunaan nama tersebut dimaksudkan mewakili sifat Dwipangga yang dapat melindungi pengendaranya. Begitupun yang ingin diaplikasikan kereta ini.

Namun ada pula yang mengartikan nama Dwipangga yang lain. Dan hal ini berhubungan dengan gunung. Sebab kata Dwi berarti dua dan pangga memiliki arti gunung, dari nama ini merujuk pada dua gunung symbol di Jawa yakni Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Harapan pada nama tersebut agar KA Argo Dwipangga ini akan terus bertahan sama halnya dengan kedua gunung besar di Jawa ini.

Sejurus dengan hal ini, para penumpang juga bisa menikmati pemandangan dari dua gunung populer itu dari jendela kereta, saat kereta melewati jalur perjalaan kereta Argo Dwipangga.

Rangkaian Kereta Argo Dwipangga
Adapun lokomotif yang digunakan KA Dwipangga yaitu CC206, di mana rangkaian tersebut memiliki tujuh atau delapan gerbong. Satu gerbong bermotif batik untuk makan dan satu lagi untuk kereta pembangkit serta satu untuk kereta bagasi. Rangkaian-rangkaian yang digunakan kereta Dwipangga ini ialah Bogie K8 tahun 2008 dari PT INKA, Bogei K5 tahun 2002 pun dari PT INKA. Dan yang terbaru Bogei K5 pada tahun 2016 oleh PT INKA ini dinilai mampu meredam getaran, nyaman serta aman.

Perihal reservasi tiket argo dwipangga online dimaksudkan agar memudahkan para calon penumpang mendapatkan tiket tanpa harus mengantri lama di stasiun. Karena dengan aplikasi KAI Access Anda dapat membeli tiket kapanpu dan di mana pun Anda berada. Hal ini tentu sangat membantu bagi Anda yang memiliki aneka kesibukan pada pekerjaan Anda. █


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.