Home >>Blog >Tempat Inap

Terry Endropoetro's avatar

10 Alasan Menginap di Java Heritage Hotel Purwokerto

“Nginap di Jahe?” Awalnya saya berfikir keras, baru ngeh ketika dijelaskan Jahe adalah kepanjangan dari Java Heritage. Hotel di mana saya menginap. Kalau ke Purwokerto, kalian juga harus mencoba menginap di sana. Ada 10 alasannnya:

1. HOTEL TERBESAR PERTAMA DI PURWOKERTO
Saat diinformasikan bahwa Java Heritage merupakan hotel terbesar pertama di Purwokerto, ingatan saya kembali pada tahun 1990. Kala itu, saya juga menginap di hotel (yang katanya) baru, paling besar, paling moderen, dan paling mewah di Purwokerto. Namanya Hotel Dinasti. Ternyata di situlah, sekarang saya kembali menginap, tapi kini namanya sudah berganti menjadi Java Heritage.

Saat melangkah masuk, sudah tak ada lagi ingatan saya tentang Hotel Dinasti. Hotel ini dibangun dengan konsep modern dengan kesan tradisionalnya yang kuat. Ruangan-ruangan diberi nama-nama Pandawa Lima dan tokoh wayang lainnya. Yang jelas kesan pertama untuk Java Heritage adalah modern, berkelas, dengan mewah.

2. KAMAR YANG MEWAH
Java Heritage menawarkan beberapa jenis kamar yang bisa dipilih. Mulai Deluxe, Premium Deluxe Balcony dengan teras menghadap ke arah kolam renang, Gran Deluxe, Premium Grand Deluxe, dan Executive Pool. Kamar dengan fasilitas lebih ‘wah’ pilihannya adalah Junior Suite, Executive Suite, dan President Suite.

Uniknya, selain kamar-kamar di dalam gedung yang ditawarkan tadi, Java Heritage tetap mempertahankan bangunan di luar gedung yang berbentuk cottages. Jumlahnya puluhan. Berderet rapi persis seperti cluster. Terkesan kuno? Tidak. Interior dan fasilitsnya sama seperti kamar hotel. Bahkan banyak tamu yang membawa keluarga memilih kamar di salah satu cottages ini karena setiap kamar dilengkapi dengan teras. Kendaraan pun bisa diparkir di depan cottages.

Mau tahu saya memilih kamar yang mana? Saya memilih kamar deluxe saja. Kemewahannya sudah lebih dari cukup. Ruangannya luas, dengan tempat tidur besar, sebuah sofa, dan air hangat untuk mandi. Berada di lantai dasar, pemandangannya langsung ke arah kolam renang. Kan, jadi mengundang keinginan berendam siang-siang.

3. KOLAM RENANG BESAR
Walau bukan kolam renang berukuran olimpik, namun kolam renang di Java Heritage merupakan kolam renang terbesar di jajaran hotel-hotel di Jawa Tengah. Terdiri dari kolam anak (60 cm) dan kolam dewasa (1,25 meter). Kolam mini juga dilengkapi dengan tempat bilas dengan mural bergambar dedaunan hijau.

Kalau mau berenang ataupun hanya berendam, patuhi aturan yang berlaku, yaitu gunakan pakaian renang. Jangan mengenakan kaos, apalagi celana jeans. Sudah pasti bakal disuruh keluar dari kolam oleh petugas.

Lebih baik duduk-duduk santai dan berjemur saja di kursi-kursi rotan dengan bantalan yang diletakkan mengelilingi kolam. Atau memesan makanan dan minuman dari kafe yang terletak di ujung kolam.

4. TAMAN LABIRIN
Berada di dekat kolam renang. Tinggi tanaman kurang dari 1 meter. Tapi ketika mencoba, saya pun ‘tersesat’. Ha… ha… ha…

5. SELALU BUGAR
Fasilitas yang bebas digunakan oleh tamu Java Heritage adalah pusat kebugaran yang dilengkapi dengan ruang sauna. Kalau bingung bagaimana menggunakan peralatan atau menyalakan bara di ruang sauna, tinggal bertanya pada pelatih kebugaran atau petugas yang selalu berjaga.

6. RUANG KHUSUS DEWASA
Lobby lounge merupakan sebuah ruangan (yang menurut saya) keren banget. Merupakan ruang tertutup, di dalamnya berderet sofa-sofa empuk dengan pemandangan kea rah kolam renang. Siapa pun bisa duduk-duduk bersantai maupun melakukan pertemuan informal dari pagi sampai tengah malam. Ruangannya sejuk ber-AC dengan jendela-jendela yang bisa dibuka. Saya bilang, ruangan nyaman ini adalah ruangan khusus dewasa karena merupakan smoking area. Jadi memang tidak cocok bagi tamu anak-anak.

7. HARUS KE ROOFTOP
Java Heritage memiliki 6 lantai tanpa lantai 4. Di lantai paling atas, terdapat restoran, bar and lounge di ruangan semi terbuka, dan lapangan terbuka dilapisi rumput sintesis yang biasanya digunakan untuk pesta barbeque.

Saat sarapan, saya duduk di teras bar and lounge. Dari sini bisa memandang Gunung Slamet dari kejauhan. Kalau datang lebih pagi, pasti pemandangannya lebih dramatis. Tampaknya menginap di Java Heritage harus diulangi lagi, agar bisa duduk-duduk malam hari sambil memandang lampu-lampu di kawasan Baturraden, di kaki Gunung Slamet.

8. MAKAN KENYANG
Untuk sarapan pagi, agar tamu bisa memilih sesuai selera, Java Heritage menyajikan beragam hidangan tradisional dan internasional. Ada pastry, cake, dan pai, salad, nasi, mi, dim sum, hingga pasta. Ada juga roti cane yang dihidangkan dengan kuah kari. Selain jus buah, tersedia juga ramuan jamu kunyit asem, beras kencur dan temulawak di dalam botol-botol kaca. Bubur sumsum dan ketan hitam, beberapa kue tradisional seperti serabi keju boleh dicoba. Untuk masakan tradisioanal Jawa, ada tumis kangkung, oseng tempe, dan semur telur.

Dan yang membuat saya bahagia pagi itu adalah Java Heritage menghidangkan Tempe Mendoan! Dengan cita rasa tradisional asli yang enak, gurih, sedikit berminyak. Disantap dengan cabai rawit atau cocolan kecap dengan potongan cabai rawit. Beuuuuh!

Perut saya kenyang! Saking bahagianya, saya menulis surat pada chef, menyatakan terimakasih sudah membuat sarapan yang beragam dan nikmat disantap. Tak disangka, Chef Riva Arsyad mendatangi saya, khusus membuatkan Ayam Bacem Goreng resep warisan keluarganya. Ya Tuhan! Saya disuruh makan lagi!

9. PASAR GAYENG
Ini adalah event tahunan Java Heritage untuk merayakan ulang tahunnya. Tahun 2019 merupakan penyelenggaraan keempat dan bakal digelar pada 30 Juli – 4 Agustus 2019. Selalu ada festival kuliner dan festival budaya. Selain itu ada Pasar Malam, Pentas Hiburan dan Budaya, juga ada berbagai wahana permainan anak. Bianglala, komidi putar, kora-kora, juga lomba-lomba yang bisa diikuti masayarakat Purwokerto, Banyumas, dan sekitarnya. Tahun lalu saja jumlah pengunjung mencapai 30.000, pokoknya Pasar Gayeng bikin Purwokerto gegap gempita. Yakin nggak pengen ke sana?

10. KURANG DARI SEPULUH MENIT
Lokasi Java Heritage berjarak 2,4 kilometer dari Stasiun Purwokerto. Kurang dari 10 menit berkendara. Hotel ini juga memfasilitasi tamu dengan layanan jemput dan antar ke stasiun. Mudah, praktis, dan nyaman. Sekali lagi saya tanya! Yakin nggak pengen ke sana? █

JAVA HERITAGE HOTEL
Jl. Dr. Angka No. 71, Karang Kobar, Purwokerto 53115
Telepon: 0281 634 321


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.