Home >>Blog >Segala Rupa

Terry Endropoetro's avatar

KoinWorks, Ubah Wacana jadi Nyata

Mau apa ya kalau nanti sudah tua? Inginnya sih, punya kedai kopi kecil-kecilan di depan rumah. Siapa pun yang datang bisa minum kopi tubruk dan ngobrol sepanjang hari. Saya pun tetap punya kesibukan. Eh, tapi memangnya bikin kedai kopi bisa dengan sekali sim salabim abrakadabra? Tidak kaaan.

Dari dulu saya memang selalu punya banyak cita-cita. Selain ingin punya kedai kopi, sudah lebih dulu saya ingin punya rumah kost, punya homestay, punya penyewaan sepeda, sampai ingin membeli kapal Pinisi. Apakah sudah ada yang tercapai? Belum semua! Ha… ha… ha… ha…

Patah semangat? Tidak. Karena menurut saya, cita-cita itu harus ada. Apakah nanti tercapai, entah ya? Yang jelas tetap harus terus berusaha, karena cita-cita itu membuat kita terus bersemangat. Tapi selain semangat, untuk meraih cita-cita yang saya maui, jelas perlu modal yang lain juga. Pengetahuan, keahlian, jejaring, dan yang terpenting adalah modal dalam bentuk nominal. Nah, mulai pusing kaaaan….

CARA GAMPANG CARI MODAL
Sebenarnya banyak cara untuk mencari modal. Salah satunya adalah mencari pinjaman dari bank atau koperasi, dengan sederet persyaratan yang harus dipenuhi. Kalau beruntung, pinjaman akan disetujui, kalau tidak beruntung, harus mencari pinjaman ke bank lain.

Biasanya cara yang paling mudah adalah meminta orang tua atau keluarga memodali usaha yang akan kita rintis. Tapi hati-hati, cara ini memiliki resiko yang cukup besar. Kalau tak becus mengembalikan pinjaman, bisa jadi putus tali persaudaraan.

Saya pernah mendengar ada praktik pinjam meminjam uang secara online. Tentu saja saya tak berani. Terus terang masih sangsi, apakah betul ada atau hanya tipu-tipu. Tapi dari beberapa teman, saya jadi tahu, bahwa yang dimaksud adalah platform yang namanya P2P (Peer to Peer Lending).

Pada prinsipnya, P2P menyalurkan pinjaman dana untuk kebutuhan konsturktif (bukan konsumtif). Misalnya pinjaman untuk modal usaha, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Yang punya modal untuk pinjaman dana bukan bank atau perusahaan penyedia layanan melainkan dari masyarakat, perorangan. Jadi taruhlah kalian yang bingung melihat tumpukan uang yang kalian simpan dalam lemari atau makin mengeras karena disimpan di bawah kasur, bisa mendanai saya yang sedang mencari modal untuk membuka kedai kopi. Caranya bukan langsung memberikan pada saya. Tapi, melalui KoinWorks.

KoinWorks merupakan platform P2P Lending (Peer to Peer Lending) yang berperan sebagai penghubung antara yang membutuhkan dana dengan pemilik dana. KoinWorks menjadi alternatif investasi bagi masyarakat yang memiliki dana. KoinWorks menyediakan platform agar seluruh proses pinjam-meminjam ini bisa dilakukan secara online, mudah, dan terjangkau.

KoinWorks memiliki beberapa pinjaman. Seperti KoinBisnis khusus untuk pinjaman modal. KoinWorks berkerja sama dengan online marketplace besar di Indonesia, seperti Tokopedia, Buka Lapak, Bhinneka, Lazada, dan sebagainya.

KoinPintar khusus untuk pendidikan. KoinWorks berkerjasama dengan berbagai institusi pendidikan yang memiliki reputasi baik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi generasi muda putus sekolah. Bila pendidikan mereka terjamin, tentunya Indonesia bakal memiliki generasi muda yang kompeten menggerakkan perekonomian dan tak gentar dalam persaingan global.

KoinWorks juga bermitra dengan Klinik Mata Nusantara dan Rumah Sakit Premier Bintaro dalam KoinSehat. KoinWorks menyediakan akses pembiayaan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau untuk penyakit non-kronis.

SIAPA PUN BISA BERGABUNG
Ternyata kalau ingin menjadi pendana, tak perlu harus kaya raya. Cukup dengan Rp100.000 dan kelipatannya kalian berhak memilih pada siapa pendanaan diberikan juga berapa banyak dana yang kalian berikan. Tapi kalian harus bergabung dengan KoinWorks dulu.

Nantinya, sebagai pendana, kalian bisa menganalisa factsheet peminjam yang disediakan dan memilih pinjaman berdasarkan tujuan peminjam, tingkat keuntungan dan risiko, jangka waktu / tenor dan metode pengembalian (bulanan / lump sum).

Nah, buat saya yang ingin meminjam untuk modal bikin kedai kopi. Caranya begini:
• Saya harus mengajukan pinjaman kepada KoinWorks secara online dan melangkapi data serta persyaratan.
• Nanti seluruh data akan dianalisa oleh KoinWorks.
• Bila hasilnya baik, ‘propsal’ pinjaman saya akan diterbitkan ke dalam platform.
• Para pendana (ratusan hingga ribuan pendana) yang tertarik akan bahu-membahu
memenuhinya, dalam waktu tertentu, pinjaman sudah bisa dicairkan.
• Kalau dana sudah cair, saya bisa langsung menyiapkan kedai kopi.

Perlu diketahui, mulai peminjam mengajukan pinjaman hingga dana cair, KoinWorks menerapkan sistem penilaian kelayakan oleh tim ahli. Tujuan baiknya adalah, menguntungkan kedua belah pihak. Peminjam dana harus membayaran cicilan pinjaman pada waktu dan tanggal yang sudah disepakati. Tentunya jumlah yang dibayarkan sudah termasuk dengan tambahan bunga. Hanya saja, besar bunga lebih kecil dibanding pinjaman konvensional.

Tugas KoinWorks adalah meyalurkan pengembalian dana kepada para pendana berdasarkan porsi dana masing-masing. Sebenarnya, ini semacam menabung di era moderen, potensi menjadi sumber pendapatan jangka panjang.

Untuk kalian yang ingin bergabung menjadi Pendana, caranya sangat mudah. Kalian hanya perlu mempersiapkan dokumen / hal berikut:
• Scan/foto KTP
• Nomor HP yang valid (yang penting bisa terima verifikasi SMS OTP)
• Alamat email yang valid (yang penting bisa terima verifikasi email)
• Dana minimal Rp100.000 untuk mulai berinvestasi.

Nah setelah itu, ikuti langkah-langkah sederhana berikut untuk mendaftar sebagai Pendana di KoinWorks agar bisa mulai mendanai:
• Daftar di https://koinworks.com/lenders/new?referal_code=KOINWORKS150 dan jangan lupa gunakan Kode Promo KOINWORKS150 untuk mendapatkan modal awal investasi sebesar 150.000 KOIN, bisa untuk sekali investasi, lho, sambil coba-coba belajar investasi di P2P Lending.
• Masukkan semua informasi yang dibutuhkan, terutama 3 dokumen / hal penting yang tadi sudah disebutkan di atas.
• Verifikasi email dan nomor HP.
• Tunggu proses verifikasi data dari tim KoinWorks max. 24).
• Login ke akun dan bisa mulai investasi.
• Kalian bisa menggunakan modal awal 150.000 KOIN gratis persembahan KoinWorks tadi untuk investasi pertama kalian.
Setelah itu, tinggal top-up menggunakan virtual account BCA, BRI, Mandiri, atau CIMB Niaga sebesar Rp50.000 lagi biar bisa berinvestasi untuk kedua kalinya.

Gampang, kan?

Dan yang pasti, kalian sebagai pendana akan dapat pahala karena sudah membantu orang lain yang sangat membutuhkan bantuan. Terima kasih banyak yaaa…
Semoga cita-cita saya membuka kedai kopi segera terlaksana. █


Comments

No comments yet.

Add Comment

* Required information
(never displayed)
 
Bold Italic Underline Strike Superscript Subscript Code PHP Quote Line Bullet Numeric Link Email Image Video
 
Smile Sad Huh Laugh Mad Tongue Crying Grin Wink Scared Cool Sleep Blush Unsure Shocked
 
2000
 
Notify me of new comments via email.